Potensi Kecamatan Klakah

Ranulading


Destinasi Wisata '' Ranulading'' Desa Sumberwringin
Ranulading merupakan salah satu destinasi wisata dikecamatan klakah yang terletak di bagian timur kecamatan klakah yaitu tepatnya di Desa Sumberwringin

WISATA RANU PAKIS


RANU PAKIS
Wisata ini merupakan salah satu dari ranu yang membentuk segitiga emas karena terdapat 3 kawasan danau yang berdekatan, yaitu Ranu Klakah, Ranu Bedali, dan Ranu Pakis. Ranu Pakis ini memiliki pesona keindahan yang menarik para wisatawan untuk datang ke wisata ini. Maka dari itu sangatlah disayangkan apabila kalian sedang travelling ke Kota Lumajang tidak berkunjung ke tempat yang satu ini. Objek wisata ini berada pada ketinggian kurang lebihnya 600 meter dari permukaan air laut, memiliki luas kurang lebih sekitar 112 hektar, dengan kedalaman kurang lebih sekitar 26 meter. Biasanya penduduk lokal membudidayakan berbagai ikan air tawar di sekitar danau tersebut, terkadang kamu juga dapat melihat langsung bagaimana cara penduduk untuk menangkap ikan dengan jaring Ranu Pakis terletak di Kabupaten Lumajang, Kecamatan Klakah, Desa Pakis. Ranu Pakis berada di sebelah kanan Ranu Klakah, dari Ranu Klakah jaraknya hanya 500 meter saja. Di Ranu Pakis kita bisa melihat pemandangan danau yang indah dari atas, sehingga cocok sekali untuk objek fotografi saat berkunjung ke Ranu Pakis. Wisata ini juga memiliki fasilitas penunjang yang cukup baik, semua fasilitas tersebut disediakan agar para pengunjung merasa nyaman ketika berada di Ranu Pakis. Tersedia area parkir untuk kendaraan roda dua maupun empat, maka dari itu kamu tidak perlu repot lagi mencari tempat parkir untuk kendaraanmu. Disana juga tersedia Rest Area, untuk kalian melepas lelah dan penat. Toilet pun ada agar pengunjung tidak buang air dan besar secara sembarangan di sekitar Ranu Pakis. Tempat beribadah juga terletak tak jauh dari kawasan objek wisata tersebut. Selain itu, kamu juga akan menemukan hotel, rumah makan, dan supermarket yang letaknya tidak jauh dari tempat beribadah. Ranu Pakis juga merupakan tempat yang tepat untuk mengabadikan moment bersama dengan sahabat atau keluargamu saat berkunjung ke sini. Untuk transportasi menuju Wisata Ranu Klakah yaitu karena letaknya yang tidak begitu jauh dari kota Lumajang yaitu sekitar 20 kilometer, tranportasinya menggunakan kendaraan roda 2 maupun roda 4. Kendaraan milik pribadi atau angkutan umum, di tambah lagi dengan jalan aspal yang mulus dan lancar.

WISATA RANU KLAKAH


RANU KLAKAH
Ranu Klakah Lumajang merupakan salah satu danau alami yang terbentuk dari letusan Gunung Lemongan. Danau ini merupakan danau terluas dan terbesar diantara ketiga danau yang berada di lereng gunung tersebut. Kondisinya masih cukup alami dan menjadi salah satu tempat favorit untuk mencari ikan oleh masyarakat sekitar Ranu Klakah terletak di desa Tegal Randu, kecamatan Klakah, kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Ranu Klakah berada pada ketinggian 900 mdpl dengan luas 22 hektar dan kedalaman mencapai 30 meter. Pemandangan Ranu Klakah terlihat luas dan tidak terhalang oleh apapun dari area pintu air. Bila tidak tertutup kabut, pemandangan Ranu Klakah akan berlatar Gunung Lemongan (bernama lain Gunung Lamongan/Klakah). Suasana terasa sejuk karena letaknya berada di lereng gunung dan posisinya cukup tinggi. Kondisi air danau cukup bersih dan jernih karena berasal dari beberapa sumber mata air di sekitar danau. Fasilitas pendukung wisata Ranu Klakah Lumajang yang cukup menarik adalah persewaan perahu motor dan persewaan becak air. Pengunjung dapat menggunakan fasilitas ini dengan membeli tiket pada loket disamping pelabuhan perahu. Dengan menggunakan perahu motor, pengunjung dapat menikmati semua sudut kawasan Ranu Klakah tanpa perlu bersusah payah berjalan kaki mengelilingi danau. Sebuah taman bermain kecil nan rindang dibangun di samping pintu air Ranu Klakah. Cocok digunakan sebagai tempat bermain bagi pengunjung yang membawa anak-anak. Di sekitar area taman banyak dijumpai pohon besar yang cukup membuat suasana sekitar cukup sejuk. Kondisinya cukup terawat meskipun tidak ada fasilitas pendukung seperti toilet dan mushola. Pengunjung bebas memanfaatkan taman tersebut untuk bersantai sambil menikmati pemandangan alam Ranu Klakah. Warung apung yang dibangun di tepi danau menyediakan hidangan kuliner khas Ranu Klakah berupa olahan ikan air tawar. Letaknya tidak jauh dari taman dan dapat diakses dengan menusuri jalan setapak di tepi Ranu Klakah. Cukup menarik menikmati hidangan olahan air tawar sambil menikmati pemandangan Ranu Klakah. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau namun diharapkan pengunjung menanyakan harga makanan terlebih dahulu. Aktivitas yang banyak terlihat di sekitar kawasan Ranu Klakah adalah kegiatan para pemancing dan para penjaring. Mereka banyak terlihat ketika pagi hari dan sore hari namun kadang juga saat siang hari sebagian dari mereka sudah tiba di lokasi. Jenis ikan yang didapat dari Ranu Klakah cukup beragam mulai dari ikan nila, tawes, bawal, dan sebagainya.

Facebook
Lokasi Kecamatan
https://goo.gl/maps/HvwRFqnnDsb1Poc29

HUBUNGI KAMI :

Kecamatan Klakah
Jalan Raya Klakah No. 166 Klakah
(0334) 441314
kec_klakah@lumajangkab.go.id



STATISTIK PENGUNJUNG :

Hari ini : 1
Bulan ini : 372
Total Pengunjung : 6.009